Kamis Manis!

Bentuk Kepercayaan Diri, Scraf Day Setiap Hari Kamis! 

Salam Pramuka!

Dok, Pribadi. Anggota Racana Rindu TriDara memakai scraft

(Live Report: Halaman Kampus IAIN Metro): Saat ini, penggunaan scarf mulai digunakan menjadi tanda pengenal sebuah satuan atau kwartir. Biasanya scarf ini dipakai pada Pakaian Seragam Pramuka dan dikategorikan sebagai Pakaian Seragam Tambahan.

Scarf biasa dipakai di atas setangan leher menggunakan simpul persahabatan. Scraf yang digunakan juga sangat beragam, mulai dari warna, motif, dan tanda-tanda yang melekat di scraf tersebut.

Memang perlu diakui, penggunaan scarf belum atau tidak diatur oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Sehingga penggunaannya belum dapat diikat dengan regulasi apapun. Namun, penggunaan scarf paling mendekati jika dikaitkan dengan regulasi pada Jukran Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka yaitu sebagai Pakaian Seragam Tambahan.

Seperti yang menjadi salah satu program kerja Kepala Bidang Kajian Kepramukaan (Kapram) Racana Radin Inten II dan Puteri Kandang Rarang, yang mana setiap hari Kamis, seluruh anggota diwajibkan memakai aksesoris tambahan berupa scraf (dengan PDH). Tujuan dari adanya program kerja ini adalah untuk mempromosikan Gerakan Pramuka dan memperlihatkan semangat dan jiwa kepramukaan kepada khalayak umum.

Hari Kamis biasa disebut dengan "Kamis Manis", setiap anggota racana akan berkumpul di sanggar dengan memakai scraf, dilanjut dengan sharing  time dan kajian senja. Kamis Manis, muncul dari wajah-wajah anggota yang selalu menampakkan keceriaan sehingga muncul aura yang positif, dan diibaratkan dengan "manis". Harapannya tradisi  ini tetap dijaga sampai kapan pun. 

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah mengatur tentang Pakaian Seragam Pramuka dan tanda pengenal bagi anggota Gerakan Pramuka. Aturan ini harus dilaksanakan oleh semua anggotanya. Penggunaan scarf dan aksesori tambahan dalam Pakaian Seragam Pramuka sejauh ini hanya dapat diatur melalui aturan Pakaian Seragam Tambahan.

Salam Kamis Manis.
Salam Pramuka

Penulis: Nadiya Arisandi

Komentar