UKK Pramuka IAIN Metro Adakan Pelantikan Anggota Bakti Angkatan 26

Melalui Pramuka Memantapkan Jiwa Korsa dengan Adab Mulia, Berikut Selengkapnya!

Salam Pramuka!

dok.pribadi Ketua Harian Pramuka IAIN Metro sedang membacakan SK pelantikan

(Live report: Yayasan An-Najjah Desa Sambikarto, 09:00 wib): Racana Radin Inten II dan Puteri Kandang Rarang, Pangkalan Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung sukses melaksanakan kegiatan pelantikan anggota bakti angkatan 26, tepat pada tanggal 06 s.d 09 Maret 2024 bertempat di Desa Sambikarto, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur. (Rabu/06/0/24). 

Pelantikan anggota bakti tahun ini diikuti oleh 22 orang peserta, dengan rincian 8 orang putra terbaik bangsa dan 14 putri terbaik bangsa. Calon anggota bakti melakukan pengembaraan dan juga perkemahan selama empat hari di Desa Sambikarto tepatnya di Yayasan An-Najjah. Kegiatan pelantikan ini mengusung tema "Melalui pramuka Memantapkan Jiwa Korsa dengan Adab Mulia", dengan ketua reka Kak Eva Ariani (A 25), sekretaris reka Kak Laila Ditriasari (A 25), dan bendahara reka Kak Nurwulandari (A 25). 

dok pribadi. Upacara Penetapan adat oleh Pemangku Adat
Kak Jelang Doni Saputra selaku pemangku adat putra memberikan tanggapan dan juga harapan terkait terlaksananya kegiatan ini, "Harapannya untuk pelantikan calon anggota Bhakti yang akan datang, lebih baik lagi dan mampu menerapkan nilai nilai dhasa darma dan tri Satya di kehidupan sehari hari, dan mampu melakukan hal hal yang luar biasa sehingga dapat membanggakan nama IAIN Metro dan Racana" ujar Kak Doni (Sabtu/09/03/24 pukul 09:00 wib). 

dok.pribadi Amanat Pembina di acara Api Darma

Dalam amanatnya di upacara api darma, Kak Fredy Gandhi berpesan selaku pembina untuk selalu menjadi kader yang bermanfaat bagi masyarakat. Mengimplementasikan Tri Bina Gerakan Pramuka dengan baik, membina diri sendiri dengan baik agar nantinya setelah pelantikan ini, bisa terjun ke masyarakat dan menjadi orang yang bermanfaat. 

Kak Sandi Irawan selaku sekretaris putra pun ikut memberi tanggapan, "Menurut saya, pelantikan adalah moment sakral yang dimana calon anggota bakti dibimbing, digembleng dan dilatih untuk menjadi anggota pramuka yang aktif dan peduli terhadap racana nya maupun lingkungan nya, tentunya dengan adanya Pelantikan ini, harapannya pasti tidak jauh dari untuk mencetak kader-kader pramuka yang progresif yang memiliki jiwa korsa, dan memiliki adab yang mulia dan bisa menempatkan dirinya dimana pun ia berada," ujar Kak Sandi (pada Sabtu/09/03/24 pukul 10:00 wib).

dok.pribadi kegiatan sarasehan bersama purna
dok.pribadi temu aparatur desa bersama kepala yayasan, dan perwakilan desa

Diki Cahdra Irawan, salah satu peserta pelantikan mengungkapkan, "sangat senang dan memang membuat kita semakin sadar betapa pentingnya kebersamaan dan juga tidak selalu egois dalam suatu organisasi, saya bangga dengan teman-teman yang sejauh ini sudah berjuang dan seterusnya akan terus berjuang," (Diki CI, Sabtu 09/03/24). 

dok.pribadi foto pasca pelantikan bersama pembina dan ketua harian

Kegiatan pelantikan ini adalah sebagai ajang mengevaluasi setiap aspeknya, dan juga merupakan bagian dari proses yang panjang. Melatih jiwa korsa, dan juga menjadi lebih mandiri. Menyelipkan nilai spiritual, emosional, intelektual, sosial dan fisik. Harapannya kegiatan pelantikan ini menjadi sarana tolak ukur kebaikan dan ketahanan anggota sampai ke kaderisasi selanjutnya. 

Penulis: Nadiya Arisandi






Komentar