Upgrading Kepengurusan Dewan Baru, UKK Pramuka IAIN Metro Adakan Pelatihan Training Of Trainer Angkatan 1

Sebagai Salah Satu dari Program Kerja, Ketua Dewan Racana Terpilih Periode 2024 Adakan Pelatihan Dewan Kepengurusan Baru, Berikut Selengkapnya!





Sumber: Dok. Pribadi, Pasca Apel Pembukaan

Salam Pramuka!

Tabik Pun

(live reporter: Pramuka IAIN Metro Lampung 26/01/24): Pada Hari Rabu, 26/01/24, UKK Pramuka IAIN Metro atau biasa dikenal dengan Racana Radin Inten II dan Puteri Kandang Rarang mengadakan kegiatan Training Of Trainer, bertempatan di Center Of Traditional Islamic Studies and Research Umbul Teduh, Kelurahan Mulyojati, Metro Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu dimulai dari tanggal 24-25 Januari 2024 dengan sasaran kegiatan adalah kepada kepengurusan dewan baru masa bakti 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter yang integritas dan militan serta harapannya dewan baru dapat mengetahui pola mekanisme kerja dewan secara signifikan. 

Kegiatan ini diawali dengan apel pembukaan, dihadiri oleh Pembina Racana Radin Inten II Kak Fredy Ghandi Midia, M.H., sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Beliau memberikan sambutan inspiratif tentang arti penting pengembangan kepemimpinan dalam organisasi Pramuka. Dalam sambutannya, Kak Ghandi menekankan pentingnya peran Dewan Racana dalam membentuk karakter generasi muda yang berintegritas dan berkualitas. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan sedikit arahan dari pembina agar acara berjalan dengan lancar. 

Dengan mengusung tema "Optimalisasi Kapasitas Kepengurusan Dewan 2024 yang Inspiratif, Komunikatif, dan Berintegritas", kegiatan pelatihan ini berisi materi-materi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dewan racana dengan pemateri dari purna-purna hebat racana itu sendiri. Selain materi, ada pula aksi sosial kemanusiaan dan juga studi kasus. Kegiatan ini didampingi oleh beberapa purna, menjadi fasilitator yang mumpuni dalam hal ini, purna racana juga ikut berkontribusi dalam mendampingi kegiatan ini dan memoderatori setiap pemateri. 

Sumber: Dok. Pribadi, Potret Apel Pembukaan

Pelatihan atau kegiatan Training Of Trainer ini memberikan kontribusi yang signifikan dan berdampak cukup besar dalam kepengurusan dewan 2024, dengan harapan kepengurusan dewan baru dapat mengambil ilmu serta mengimplementasikannya dalam kegiatan di racana. Pihak lembaga kampus pun ikut serta mendukung kegiatan pelatihan ini, seperti yang diungkapkan salah satu dosen sekaligus pihak lembaga, "kegiatan yang bagus dan bermanfaat, pramuka selalu memberikan yang positif dan beda, mencoba hal baru dengan meningkatkan eksistensi di tempat baru," (Pak Prayit 25/01/24). "Semoga dengan adanya pelatihan ini, kami bisa dan berusaha tertib dalam kepengurusan baru," ungkap Sandi selaku sekretaris dewan periode 2024 pada (27/01/24). Dan tidak ketinggalan, ketua dewan racana Puteri Kandang Rarang  periode 2024 juga memberikan harapan yang besar dalam kegiatan ini, "semoga dewan baru dapat berkontribusi aktif dalam rencana tindak lanjut kegiatan berikutnya," pungkas Kak Defi Safitri pada, 27/01/24.

Salam Pramuka!

(Penulis: Nadiya Arisandi)


 



Komentar