Historis Bunga Mawar dan Lampu Merah Kala Itu

Free Palestine!

Flee Israel! 

Salam Pramuka!

Tabik Pun..

Semarak Aksi Kemanusiaan, Rabu, 26 Januari 2024, Lokasi Umbul Teduh, Mulyojati, Metro Barat.


Sumber: Dok.Pribadi. Pramuka beri bunga kepada pengendara di lampu merah

(live reporter: Pramuka IAIN Metro Lampung 26/01/24): Pada Hari Rabu, 26/01/24, Pramuka IAIN Metro mengadakan aksi kemanusiaan bela Palestina pada pukul 16:00 Wib, di lampu merah Mulyojati 16c, Metro Barat disela-sela kegiatan Training of Trainer. Aksi ini berlangsung dengan memberikan karangan bunga mawar yang dilabeli dengan stiker bertuliskan "Free Palestine", atau pun gambar yang berkaitan dengan palestina. Kegiatan ini bertujuan sebagai rasa pembelaan, empati, dan peduli, serta mengajak orang lain untuk tetap mengingat dan memberi rasa terhadap saudara di Palestina. 

Seperti yang kita tahu, bahwa Palestina saat ini sedang mengalami masa-masa pengeboman tiada henti, bukan hanya masalah agama namun juga rasa kemanusiaan. Racana Radin Inten II dan Puteri Kandang Rarang, sadar akan hak asasi manusia tersebut. Rakyat sipil, dan anak kecil semuanya menjadi korban pengeboman akibat perselisihan antara Palstina dan Israel. Mengacu pada dasa dharma kedua, yang berbunyi "cinta alam dan kasih sayang sesama manusia," Pramuka harus lebih banyak berempati dan menuai rasa serta berbagi rasa ini kepada semuanya, termasuk ke pengendara dan orang-orang yang berlalu lalang di lampu merah.

Sumber: Dok.Pribadi, Pramuka IAIN Metro lakukan aksi kemanusiaan

Bunga Mawar merupakan simbol kasih sayang, filosofi dari bunga mawar sendiri adalah pengungkapan perasaan cinta, kebahagiaan, bersyukur, dan juga rasa kesedihan. Lampu merah, artinya lampu tanda kendaraan harus berhenti, entah sesibuk apapun harus tetap berhenti agar arus lalu lintas berjalan rapi dan terhindar dari kecelakaan yang menyebabkan konflik. Itulah mengapa, Pramuka IAIN Metro, mengambil filosofi mawar dan lampu merah. Kita diingatkan untuk berhenti sejenak, menebar kasih dan cinta terhadap kesedihan saudara di palestina, yang harapannya sebagai perwujudan dasa dharma kedua. 

"Bunga apa ini, nduk?" tanya seorang pria paruh baya yang mengendarai becak berisikan muatan kardus dan karung goni kepada Kak Rida (Pemangku Adat Putri 2024). "Ini bunga mawar untuk bapak, kalau sudah bapak terima, boleh bapak kasihkan ke orang tercinta, bapak kasihkan ke orang yang membuat bapak kuat mengayuh sejauh ini ya," ungkap Kak Rida sembari menyodorkan satu tangkai bunga kepada si bapak. Kebahagiaan itu akan menular ketika kita berada bersama orang-orang yang bahagia tanpa ada patokannya.

Sumber: Dok. pribadi, senyum tulus dari seorang bapak 

Kegiatan Training of Trainer ini, mengingatkan kita terhadap rasa peduli kepada sesama. Sudah sepatutnya kita selalu menebar rasa kasih kepada semua yang ada di muka bumi ini. "senang, semuanya bekerja sama dengan baik dan tulus," ungkap Kak Defi Safitri selaku Ketua Dewan Racana Putri period 2024 setelah selesai membagikan bunga. Harapannya dengan terlaksananya kegiatan Training of Trainer angkatan I ini, menjadikan Pramuka IAIN Metro lebih mawas diri dan berkompeten. 

Salam Pramuka!

(Penulis: Nadiya Arisandi)

Komentar